Komentator videogame asal Swedia yang begitu populer di YouTube, PewDiePie, telah memutuskan untuk menghentikan fitur komentar pengguna pada setiap video yang diposting oleh dirinya. Dalam video terbarunya, ia mengatakan kepada 30 juta pelanggannya bahwa “Saya melihat banyak komentar dan banyak diantaranya yang bersifat spam, banyak orang-orang yang mengiklankan dirinya sendiri… dan tadinya saya tidak peduli tentang hal itu”.

pewdiepie-youtube-subscribers

Dan setelah tidak lagi terlebat dalam interaksi apapun di komentar videonya, kini ia membuat keputusan untuk “mematikan fitur komentar selamanya”. Dia bilang dia akan selalu ada untuk para penggemarnya di Twitter dan sekarang sedang menyiapkan sebuah akun Reddit.

“Saya melihat komentar dan yang terutama dari mereka adalah spam… Saya tidak peduli tentang hal itu, saya tidak ingin melihatnya.” YouTube mencoba untuk mengatasi permasalahan ini pada akhir tahun lalu seiring video populer terus-menerus dibanjiri dengan tautan ke situs bervirus, iklan, akun saingan dan spam.

Google tadinya memberitahu pengguna YouTube bahwa situs itu berusaha untuk memastikan “komentar YouTube akan menjadi percakapan yang penting dan bermakna bagi Anda”. Tapi PewDiePie, yang memiliki nama asli Felix Kjellberg, jelas berpikir bahwa Google telah gagal.

“Ini sudah mengganggu saya begitu lama hingga kini, saya sudah berusaha untuk mencari solusi untuk hal ini, dan berharap semua akan menjadi lebih baik, namun nampaknya hal ini tidak berhasil, dan saya menjadi muak. Aku hanya ingin terhubung dengan kalian bros,” katanya dalam sebuah video.

“Hanya ini yang saya pedulikan. Jika Anda para bros tidak bergabung dengan keputusan saya, apa gunanya?” Dia meminta para fans untuk mengerti akan keputusannya, tetapi terus mendorong mereka untuk melanjutkan percakapan mereka menggunakan hashtag di situs media sosial lainnya.

Newsbeat telah meminta komentar resmi dari pihak YouTube, tetapi mereka belum merespon. Sementara itu, para “bros” PewDiePie ini nampaknya harus mengunjungi tempat lain untuk mendiskusikan isi video-nya.