Alat kelamin pria harus dirawat agar terhindar dari masalah kesehatan yang berbahaya. Penyakit tak hanya muncul akibat hubungan intim bebas, namun disebabkan beberapa faktor tertentu, entah itu internal ataupun eksternal. Berikut enam jenis penyakit yang menyerang alat kelamin pria.

penyakit kelamin pria

Peyronie

Penyakit ini membuat alat kelamin tampak bengkok yang ditandai kemunculan benjolan atau plak keras di jaringan ereksi. Peradangan berkembang menjadi jaringan fibrosa merupakan awal terbentuknya plak, namun para dokter masih belum mengetahui secara pasti penyebab Peyronie. Penderita memiliki alat kelamin yang melengkung ke arah bawah, kanan, kiri ataupun atas, bahkan membuatnya jadi lebih pendek sehingga hubungan intim sulit terjadi.

Priapism

Penyakit ini menyebabkan alat kelamin ereksi dalam kurun waktu yang sangat lama meski tanpa adanya ransangan. Ereksi membuat penderita mengalami rasa sakit yang tak tertahankan. Priapism terjadi akibat darah terjebak dan tak mampu mengalir seperti biasa. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, bayi baru lahir punya kesempatan yang sama meski resikonya tergolong kecil. Ini harus diobati secepat mungkin guna mencegah disfungsi ereksi secara permanen.

Phimosis

Sebuah penyakit yang terjadi akibat kotoran urin yang mengkristal sehingga kulup alat kelamin tak dapat ditarik. Penyebabnya beraneka macam, mulai dari pengaruh jenis penyakit kelamin lainnya, cacat dan infeksi balinitis. Penderita merasakan sakit luar biasa ketika kulup melengket dan menutup lubang untuk pembuangan air kencing.

Penis loyo

Gangguan seksual yang menyebabkan alat kelamin susah ereksi karena pengaruh kondisi kesehatan seperti cedera tulang belakang, tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah hingga diabetes. Faktor eksternal seperti alkohol dan obat-obatan turut memberi kontribusi besar selain faktor internal seperti gangguan hormon, rasa cemas, obesitas dan stres.

Nyeri ejakulasi

Penyakit ini disebabkan peradangan yang terjadi di prostat, testis dan alat kelamin. Tak hanya itu saja, nyeri ejakulasi bisa diakibatkan penyumbatan saluran sperma atau batu prostat meski kasus tersebut sangat jarang terjadi.

Penyakit menular

Beragam jenis penyakit menular yang menyerang alat kelamin seperti moluskum, sifilis, gonore, herpes kelamin, klamidia dan HPV genital. Oleh karena itu, kondom wajib digunakan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan tertular meski beberapa kasus sering terjadi walau sudah memakai pengaman.

Tips:

Rutin menjaga kebersihan sekitar alat kelamin merupakan suatu kewajiban. Selalu pakai kondom guna menghindari penyakit menular seksual atau setia pada satu pasangan yang dinikahi secara halal.

Global management and manufacturing engineering 103 e custom assignment writing service why sdu.