Apa yang anda ketahui tentang Korea Utara? Negara komunis! Mungkin itulah pandangan sebagian besar masyarakat dunia, justru mereka lebih familiar dengan Korea Selatan, negara yang sukses menjual industri teknologi, musik dan film. Korea Utara (Korut) lebih menutup diri dari dunia luar sehingga banyak orang tak paham seluk beluk negara tersebut. Sebenarnya, ada beberapa fakta unik yang mungkin belum diketahui.

korea utara

Fenomena high heels

Kaum hawa sangat mengidolakan high heels atau sepatu hak tinggi, fenomena itu turut dirasakan para wanita Korea Utara. Bahkan pelindung kaki itu tak hanya dipakai saat pergi berbelanja. Sepatu hak tinggi punya kedudukan spesial, dikenakan saat bekerja termasuk di satuan militer ataupun lokasi konstruksi bangunan.

Demam ‘The Beatles’

Meski tertutup dari dunia luar, masyarakat Korut gemar bernyanyi termasuk lagu-lagu barat. Band The Beatles punya tempat istimewa, mereka kerap menyanyikan Yellow Submarine dan Hey Jude. Tak hanya itu saja, lagu-lagu yang dilantunkan oleh Celine Dion termasuk pilihan favorit. Apakah ada boyband/girlband seperti negara tetangganya, Korsel? Pemimpin Korut, Kim Jong Un, membentuk girlband bernama Moranbong di tahun 2012 dan begitu populer.

Stasiun kereta terdalam

Mengakses kereta bawah tanah memakan waktu yang cukup lama. Pengunjung akan menuruni eskalator hingga kedalaman 100 meter, bahkan membutuhkan waktu beberapa menit supaya tiba di bawah stasiun atau naik ke permukaan stasiun. Selama menuruni tangga eskalator, pengunjung hanya bisa melihat hamparan dinding putih tanpa satupun papan iklan.

Pandai berbaris

Masyarakat Korut pandai membentuk barisan yang rapi karena sudah diajarkan sejak dini dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika antri naik bus atau di tempat makan. Baris-berbaris sudah menjadi bagian tradisi yang sudah tak bisa dilepaskan.

Gemar voli

Voli lebih populer dibandingkan sepakbola! Jenis olahraga ini tak hanya digemari kaum adam saja, para wanita senang meluangkan waktu istirahatnya untuk bermain sejenak. Uniknya, jumlah lapangan voli tergolong sedikit sehingga lahan parkir mobil sering digunakan sebagai pengganti. Jenis olahraga lainnya yang cukup digemari adalah gulat.

Larangan berbelanja

Meski Korut menerima wisatawan atau turis yang berasal dari luar negeri, ada banyak ketentuan yang wajid ditaati, salah satunya adalah larangan berbelanja di pasar atau departemen store setempat. Mereka hanya boleh berbelanja di lokasi khusus suvenir yang sudah dipersiapkan pemerintah setempat.