Seorang presiden dituntut harus pintar agar mampu menghadapi segala persoalan yang ada. Kepintaran menjadi sebuah ‘x-faktor’ yang diinginkan warga negara terhadap sosok ideal seorang pemimpin negara. Menurut catatan sejarah dunia, ada lima presiden yang terkenal pintar dan memegang nilai IQ diatas 140.

Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte

Lahir sebagai seorang bangsawan membuat Napoleon lebih mudah mengecap pendidikan. Tak hanya itu saja, ia membekali pengetahuan militer dan politik. Ia sangat pandai di sekolah, sangat menyukai mata pelajaran matematika, sejarah dan geografi. Napoleon Bonaparte sangat piawai memimpin negara Prancis, ia pun memiliki tingkat IQ 145, tertinggi dalam sejarah pemimpin monarki.

Abraham Lincoln

Abraham Lincoln

Lahir di keluarga miskin dan tak berpendidikan membuat Abraham kecil hanya bisa bersekolah kurang dari setahun. Akan tetapi dalam waktu relatif singkat tersebut, ia mampu membaca, menulis dan berhitung. Membaca adalah hobinya, itulah yang membuat dirinya menjadi seorang pengacara terhormat pada usia relatif muda, yaitu 28 tahun. Abraham Lincoln memiliki tingkat IQ 150, namun ia merenggut nyawa di usia 56 tahun akibat peristiwa penembakan.

Sven Olof Joachim Palme

SR Minnen om Olof PalmeMotiv: Olof PalmeFoto: SVT Bild

Perdana menteri Swedia yang memiliki tingkat IQ 156 dan menghabiskan masa kecilnya di rumah. Ia jarang keluar rumah karena kondisi fisiknya yang lemah dan sakit-sakitan. Orang tuanya terpaksa memanggil guru privat, ia pun menjalani home schooling hingga menginjak usia remaja. Ketika berusia 17 tahun, Sven lulus ujian masuk universitas dengan nilai tertinggi. Ia pun memegang jabatan letnan ketika mengikuti wajib militer (wamil). Selepas dari wamil, ia meraih gelar BA dalam waktu singkat kurang dari setahun.

John Quincy Adams

John Quincy Adams

Presiden ke-6 negeri Paman Sam yang mempelopori pendidikan sebagai landasan kemajuan bangsa. Otaknya tergolong encer karena ia mampu meraih penghargaan Phi Beta Kappa dari Harvard College pada usia 21 tahun. Sebelum menjabat presiden, ia habiskan waktunya sebagai pengacara, diplomat dan politisi. John Quincy Adams memiliki tingkat IQ 175, paling tertinggi dalam sejarah kepresidenan Amerika Serikat.

B.J Habibie

B.J Habibie

Inilah presiden ke-3 Indonesia yang memiliki tingkat IQ 200, tertinggi dalam sejarah pemimpin negara dunia. Nama lengkap beserta gelar yaitu Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Kepintaran Habibie sangat diakui oleh pemerintahan jerman dan dunia penerbangan internasional, ia dijuluki “Mr. Krack” karena bisa menghitung keretakan pesawat terbang.

As the regional – million-word corpora will include written texts, identifying such factors will prove a rather difficult undertaking indeed websites for homework