Makassar tak hanya menawarkan keindahan kota dan pantai losari, namun cita rasa kuliner yang menggoda. Ibukota Sulawesi Selatan punya makanan berkuah yang wajib dicoba wisatawan ketika berkunjung. Berikut empat jenis makanan berkuah dengan rasa yang memanjakan lidah!

Coto Makassar

coto makassar

Makanan tradisional yang sudah begitu terkenal, bahkan kerap menghiasi beberapa kota di pulau Jawa. Meski demikian, tak ada yang lebih lezat dari buatan daerah aslinya. Makanan berkuah disaji bersama jeroan dan daging sapi yang dimasak begitu lama, sehingga terasa lembut ketika digigit. Aroma dan rasa kuah yang unik, berbeda dari rawon ataupun soto. Coto dimakan bersama ketupat khas Sulawesi Selatan yang dikenal dengan nama Burasa. Sejarah kuliner ini tergolong panjang, konon merupakan hasil perpaduan tradisi makanan Cina. Bumbu memakai ramuan 40 rempah lokal dan sambal Taoco. Tak heran bila kuah mengandung aroma rempah-rempah yang begitu khas.

Sop Konro

sop konro

Makanan berkuah yang menjadi andalan Makassar dan Bugis. Meski berkuah, rasa dan cara penyajian sangat berbeda dari Coto. Bahan utama yang digunakan adalah daging dan tulang iga sapi. Kuah berwarna coklat disaji selagi hangat yang mengeluarkan aroma penggugah selera makan. Sop Konro dimakan bersama nasi putih, meski tak jarang beberapa warung atau restoran menyajikan bersama ketupat kecil. Banyak orang yang menyukai sop ini karena aroma ketumbar dan warna kuah yang berasal dari buah kluwek. Beberapa resto melakukan inovasi dengan menawarkan konro bakar dengan rasa otentik seperti versi kuah.

Pallubasa

pallubasa

Makanan berkuah lainnya yang wajib dicicipi adalah Pallubasa. Sekilas cara pembuatan dan penyajian mirip Coto Makassar, tapi bila mencicipi rasa kuah maka ada perbedaan yang jelas tak sama. Daging dan jeroan sapi atau kerbau direbus dalam waktu lama, kemudian diiris-iris dan dituang ke mangkok berkuah. Kuah berasal dari rempah-rempah yang diracik khusus, menawarkan rasa unik dan tampak lebih pekat seperti rawon. Cara makan pun berbeda dari Coto, yakni disaji bersama nasi putih dingin.

Sop saudara

sop saudara

Bahan-bahan penyajian Sop Saudara berbeda dari yang lain, satu mangkok terdapat irisan jeroan sapi, telur rebus, perkedal kentang dan bihun. Selain dimakan bersama nasi putih, beberapa warung dan resto turut menyajikan ikan bandeng bakar yang membuat kuliner ini semakin nikmat. Sop Saudara menjadi hidangan yang sangat lezat disantap ketika malam hari, terutama saat musim hujan yang sering menghiasi kota Makassar.

Talking helps evaluation and engenders samedayessay-z.com/ confidence and fluency in the discourse