London – Perangkat yang pertama kali menjadi smartphone – sebuah ponsel kikuk bernama IBM Simon seharga $ 900, telah berulang tahun yang ke 20 pada hari Sabtu, 16 Agustus. Telepon dengan baterai yang hanya bertahan dalam durasi satu jam ini, dikembangkan oleh IBM dan perusahaan operator selular Amerika, BelSelf dan mulai menjual perangkat ini pada tahun 1994.

Dengan panjang sekitar 23 cm dan bobot sekitar setengah kilogram, perangkat ini berukuran sekitar setengah dari bongkahan batu bata yang biasa dipakai untuk membangun rumah. “Perangkat ini dinamai Simon karena bentuknya yang sederhana dan bisa melakukan hampir apa pun yang Anda inginkan di era 90an,” demikian menurut Irish Times. Dengan layar LCD berwarna hijau, Simon bahkan sudah memiliki teknologi layar sentuh.

IBM Simon
Perangkat lunaknya memungkinkan pengguna untuk menulis catatan, menggambar, memperbarui kalender dan kontak mereka serta mengirim dan menerima fax, juga memungkinkan adanya panggilan. “Perangkat ini jelas punya segalanya, termasuk slot di bagian bawah untuk memasukkan berbagai aplikasi seperti pemetaan, penghitungan, dan permainan.

Jadi IBM Simon benar-benar merupakan nenek moyang iPhone,” seperti dijelaskan Charlotte Connelly dari Science Museum London. Sekitar 50.000 perangkat telah terjual di masanya. Pada bulan Oktober, ponsel peninggalan sejarah ini akan dipamerkan secara permanen sebagai bagian dari koleksi sejarah teknologi komunikasi dan informasi di Science Museum London.

Tak terasa waktu sudah berlalu cukup cepat bukan? Dari ponsel berukuran batu bata, layar hijau, dan baterai satu jam, kini kacamata dan jam tangan pun sudah jauh melebihi fiturnya.