Indonesia tak hanya dikelilingi hutan tropis, namun wilayah pegunungan yang cukup luas. Beberapa gunung menjadi tempat favorit para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian. Dari puluhan gunung yang ada di sekitar wilayah nusantara, hanya tujuh saja yang memiliki ketinggian diatas rata-rata.

Gunung Bukit Raya

gunung bukit raya

Puncak tertinggi mencapai 2.278m dpl yang terdapat di pulau Borneo, tepatnya berada diantara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Untuk mencapai puncak gunung harus menuju kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya yang berada di wilayah pegunungan Schwaner. Kawasan Taman Nasional punya peran penting dalam menjaga ekosistem hutan hujan.

Gunung Binaiya

gunung binaiya

Puncak tertinggi mencapai 3.027m dpl yang terdapat di pulau Seram wilayah Ambon. Letak geografisnya 129° 28′ BT dan 3° 10′ LS. Binaiya memiliki dua puncak yang bisa diraih, yakni ketinggian 3011m dpl dan 3019m dpl. Para pecinta alam yang mencari tantangan wajib mengunjunginya karena termasuk gunung yang jarang dijamah, pendakian akan dimulai dari 0 m dpl.

Gunung Jatimojong

gunung jatimojong

Puncak tertinggi mencapai 3.430m dpl yang terdapat di pulau Sulawesi, tepatnya di kabupaten Enrekang. Posisi geografis gunung yakni 120°01’30″ BT – 03°23’01″ LS. Para pendaki wajib mengunjunginya karena bukan termasuk gunung berapi. Perjalanan akan dimulai dari desa Karangaan hingga puncak tertinggi yang bernama Rante Mario.

Gunung Semeru

gunung semeru

Puncak tertinggi mencapai 3.676m dpl yang terletak di tanah Jawa, area pegunungan Tengger. Semeru termasuk gunung berapi tertinggi ketiga yang ada di Indonesia, kerap dikunjungi wisatawan dan pendaki yang ingin melihat langsung semburan letusan vulkanis setiap 10 menit dari kawah Jonggring Saloko. Tak hanya itu saja, objek wisata yang mencuri perhatian adalah danau Ranu Kumbolo, lokasi tepat dipertengahan jalur pendakian.

Gunung Rinjani

gunung rinjani

Puncak tertinggi mencapai 3.726m dpl yang terletak di Pulau Lombok bagian Utara. Rinjani dikategorikan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di wilayah nusantara. Puncak gunung kerap dikunjungi masyarakat Hindu karena dianggap tempat tinggal para dewa. Banyak lokasi menarik di wilayah sekitar seperti sumber air panas dan tempat memancing.

Gunung Kerinci

gunung kerinci

Puncak tertinggi mencapai 3.805 m dpl yang terdapat di pulau Sumatra dan dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Kerinci memiliki kawah kerucut yang terisi air berwarna hijau kekuning-kuningan. Bila berhasil mendaki hingga ke puncak akan disuguhi pemandangan empat penjuru mata angin yang sangat mempesona.

Pegunungan Jaya Wijaya

pegunungan jaya wijaya

Puncak tertinggi mencapai 4.884m dpl yang terletak di pulau Papua. Carstenzs merupakan puncak tertinggi dimana pendaki akan melihat hamparan salju abadi. Bila para pendaki ingin menaklukkan ketinggian maka bisa memulai perjalanan via rute normal dari sebuah desa yang bernama Ilaga.

For example, leslie a,b showed that – to -month-old infants expect a http://samedayessay-z.com/ point of contact to be involved in physical displacement