Beragam jenis ikan yang ada di lautan, namun nama yang paling ditakuti adalah hiu. Well, ikan predator ini memperoleh pandangan negatif akibat penyerangan terhadap manusia yang berujung pada kematian dan sering dijadikan musuh utama manusia dalam film Hollywood. Banyak orang salah paham dan tak begitu mengerti perilaku kehidupan ikan hiu yang sebenarnya. Berikut fakta menarik yang mungkin belum pernah kita dengar.

ikan hiu

Indra ke-6

Di bagian moncong terdapat organ khusus yang menangkap getaran listrik kecil akibat gesekan atau gerakan, itu dinamakan Ampullae of Lorenzini. Kemampuan indra ke-6 juga mampu menemukan mangsa atau hiu lain, seringpula dipakai sebagai kompas sewaktu migrasi ke tempat lain.

Reproduksi unik

Tergolong ikan yang unik karena memiliki empat cara reproduksi, yakni bertelur (oviparity), mengandung anak dalam plasenta (viviparity) dan mengandung telur hingga menetas (ovoviviparity). Satu lagi cara reproduksi, yakni partenogenesis, namun itu hanya terjadi pada hiu betina yang hidup di penangkaran.

Gigi kuat

Hiu mengalami pergantian gigi hingga 30.000 kali selama masa hidupnya. Biasanya yang terpasang di mulut sekitar 40 hingga 45 gigi. Semuanya tersusun dari fluoride yang tak akan mungkin berlubang layaknya gigi manusia ataupun hewan lain. Tak perlu heran bila gigitan ikan hiu sangatlah mematikan.

Tak makan manusia

Banyak yang mengira hiu suka memangsa manusia, seperti halnya cerita film Hollywood. Well, semua itu tidak benar karena hiu tak suka makan manusia. Kebanyakan kasus terjadi akibat visibilitas air yang jelek sehingga penyerangan terjadi karena rasa penasaran. Kasus penyerangan ke para peselancar karena manusia berperilaku seperti makanan favorit hiu yakni anjing laut dan penyu.

Terancam punah

Hiu termasuk hewan yang terancam punah akibat ulah tangan manusia yang tak bertanggung jawab. Ikan ini diburu bukan untuk diambil dagingnya, melainkan bagian sirip yang harganya begitu mahal di pasaran. Di beberapa negara Asia, sirip ikan termasuk makanan mewah karena dipercaya berkhasiat bagi kesehatan. Tindakan kejam yang dilakukan manusia yakni menangkap hiu hidup-hidup, dipotong siripnya lalu tubuh si ikan dilempar kembali ke laut dalam keadaan masih bernafas dan akhirnya tak mati.

Itulah lima fakta hiu yang jarang diketahui semua orang. Meski dianggap predator terbuas di lautan, ikan ini terancam punah dan butuh perhatian besar agar eksistensi tetap dikenal generasi berikutnya.