Malaysia merupakan salah satu negara tujuan wisata di Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia pun gemar menghabiskan waktu liburan kesana, menyaksikan langsung menara Petronas, berkeliling kota Kuala Lumpur dan mencicipi kuliner khas. Malaysia punya sajian kuliner unik yang tak ada di Indonesia.

Nasi Daun Pisang

nasi daun pisang

Sajian unik dan berbeda dari nasi bungkus daun pisang yang ada di Indonesia. Hidangan tidak disajikan diatas piring, tapi selembar daun pisang ukuran besar. Nasi daun pisang termasuk makanan khas etnik India Selatan Malaysia. Selain nasi yang lezat, ada beragam lauk yang disajikan seperti sayuran, ikan goreng, daging domba, rendang ayam atau kambing dan bumbu kare yang terbuat dari ikan atau ayam.

Sang Har Kwey Teow

Sang Har Kwey Teow

Penggemar mie wajib mencobanya. Mie telur disajikan bersama udang sungai segar yang dimasak ala Kanton. Berbeda dari masakan mie lainnya, kuah kaldu telur begitu terasa di lidah. Ketika mie dimakan bersama udang dan kaldu telur, terciptalah perpaduan rasa yang unik dan menggoda.

Nasi Kandar

nasi kandar

Bila mengonsumsi mie tak bikin perut kenyang, coba makan nasi kandar. Kuliner ini berasal dari Penang, nasi disajikan bersama aneka macam bumbu kare dan lauk-pauk. Biasanya, nasi dimakan bersama ayam goreng, empedal, kare daging kambing, daging sapi, telur ikan, udang goreng atau cumi-cumi goreng. Sementara sayur yang disajikan berupa bumbu terong, okra/bendi atau pare. Keunikan nasi kandar terletak dari bumbu kare yang boleh dipilih.

Nasi Lemak

nasi lemak

Satu lagi kuliner nasi yang wajib dicicipi. Nasi lemak berbeda dari nasi biasanya, itu tergambar jelas dari proses awal pembuatan. Nasi direndam krim kelapa kemudian dikukus hingga matang, sehingga menghasilkan aroma wangi yang menggoda perut lapar. Agar aroma wangi nasi lebih kuat, maka dicampur pula batang sereh, jahe ataupun daun pandan. Nasi lemak disajikan bersama sambal, potongan mentimun, ikan bilis kering, kacang goreng. Supaya lebih nikmat dan berselera, tambahkan tumis sayur kangkung, daging rendang sapi, acar, ayam goreng dan sambal sotong.

Palak Paneer

Palak Paneer

Sajian kuliner khas India Utara Malaysia. Lebih mirip bumbu kare yang ‘creamy’ dicampur bayam segar dan keju kambing, rasanya begitu kaya dan lezat di lidah. Palak Paneer biasanya dimakan dengan roti, tapi agar lebih berkesan eksotis, sajikan bersama roti khas india seperti chapatis, puris, parathas dan bhaturas.

Cicipi semua kuliner diatas selama pergi melancong ke Malaysia. Sebenarnya, masih banyak kuliner yang ada di negeri Jiran, tapi nasi lemak, palak paneer, nasi kandar, sang har kwey teow dan nasi daun pisang jadi senjata andalan.

You can also free phone spy app in http://www.topspying.com backup your data monthly or daily