Jepang merupakan negara yang termasuk disiplinnya baik. Orang-orang di Jepang memiliki aturan dalam menggunakan sumpit atau disebut juga dengan Ohashi. Makan dengan sumpit merupakan seni di Jepang dan di Jepang pun orang-orangnya masih sering berusaha untuk makan menggunakan sumpit dengan baik. Jadi ga ada salahnya kan kita belajar etika, aturan dan budaya menggunakan sumpit yang baik dan benar? Ada 10 aturan utama yang perlu kamu ketahui dalam menggunakan sumpit.

Cara Penggunaan Sumpit
Cara Penggunaan Sumpit

1.  Jangan makan langsung dari piring lauk

Ketika kamu makan di restoran Jepang, maka di tengah-tengah meja akan ada piring bersama yang berisi lauk pauk. Jangan mengambil lauk tersebut lalu kamu langsung memasukkannya ke mulut, tetapi setelah mengambil lauk di piring bersama, letakkan dahulu di atas piringmu kemudian boleh dimakan.

2. Jangan menusuk makanan dengan sumpit

Sebaiknya tidak menggunakan sumpit untuk menusuk makanan. Karena hal ini akan dianggap serakah (sashi bashi).

3. Pegang sumpit dengan benar

Kamu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mempelajari ini. Untuk pertama kali coba perhatikan bagaimana orang lain melakukannya.  Jika kamu benar-benar ingin belajar Kamu harus mendapatkan latihan sebanyak mungkin.

4. Jangan menggali

Ambillah makanan mulai dari bagian yang paling teratas dahulu. Jangan mengacak-acak ataupun menggali di mangkok atau di piring seperti sedang mencari sesuatu.

5. Hati-hati memberikan makanan kepada orang lain

Jangan berbagi makanan menggunakan sumpit karena ini menyerupai kebiasaan di pemakaman Jepang ketika tulang dikremasi secara upacara dipindahkan ke guci. Ini mungkin adalah hal paling tabu yang dilakukan di meja makan Jepang.

6. Jangan meletakkan sumpit dalam keadaan menyilang (Seperti huruf X)

Karena Posisi sumpit seperti ini juga akan mengingatkan orang Jepang pada upacara pemakaman

7. Jangan gunakan sumpit untuk mengaduk sup

Walaupun sup yang tersaji kamu anggap kurang rata dan perlu diaduk, jangan gunakan sumpitmu untuk melakukannya.

8. Jangan Menjilat

Jangan menjilat ujung sumpit karena kamu akan dianggap kurang sopan.

9. Gunakan alas sumpit

Pada restoran Jepang akan tersedia alas sumpit di meja mu. jadi apabila kamu sedang tidak menggunakan sumpit, letakkan sumpit tersebut pada alas sumpit.  Sumpit tidak boleh ditempatkan tegak di nasi karena hal ini menyerupai upacara dilakukan di pemakaman di Jepang.

10. Sumpit bukan mainan

Jangan memainkan sumpit yang sedang anda gunakan misalnya menunjuk dengan sumpit  ketika berbicara atau memegang sumpit untuk waktu yang lama tanpa makan.

Academic writing normally requires that you support your ideas and opinions with facts, statistics, quotations, www.essayprofs.com and similar kinds of information